TIPS MEMBUKA USAHA CATERING AQIQAH YANG SUKSES

Walaupun bukan menjadi ibadah wajib, tetapi memang harus dilakukan. Masyarakat muslim mempunyai kesadaran tingkat tinggi untuk melaksanakan ibadah akikah untuk anak-anaknya. Akikah sendiri merupakan salah satu sunnah Rasul. Dimana pada acara akikah ini dilaksanakan penyembelihan hewan dan cukur rambut. Untuk pelaksanaannya sendiri bisa pada hari ke-7 setelah kelahiran anak. Namun juga bisa dilaksanakan pada hari ke-14 atau hari ke-21 jika orang tua tidak bisa melaksanakan pada hari ke-7. Beberapa orang tua yang sibuk, biasanya lebih memilih memesan catering aqiqah untuk lebih simpelnya.

6 Tips Membuka Usaha Catering Aqiqah Sukses

Seperti yang diketahui bersama bahwa persiapan untuk aqiqah membutuhkan banyak waktu. Dari segi anggaran yang harus dikeluarkan pun akan sangat banyak. Namun jika memilih memesan catering aqiqah, maka anggaran bisa sedikit ditekan. Karena anda tidak perlu memilih kambing sendiri, meminta orang menyembelih kambing, meminta bantuan tetangga untuk memasak. Dengan catering aqiqah, maka olahan daging kambing siap disajikan dan siap dibagikan kepada tetangga. Alasan inilah yang membuat beberapa orang mulai membuka usaha catering akikah.

Jika anda tertarik untuk membuka usaha catering aqiqah. Maka beberapa tips berikut ini bisa membantu anda tentunya.

  1. Miliki banyak pengetahuan mengenai akikah

Niatkan bahwa anda membuka usaha catering aqiqah ini untuk membantu persiapan kegiatan akikah untuk keluarga muslim. Kemudian kuatkan niat karena Allah SWT. Selanjutnya, anda bisa mengumpulkan banyak informasi mengenai akikah dan mempelajarinya. Mulai dari jenis hewan ternak yang boleh disembelih, jumlahnya dan hal lainnya.

  1. Siapkan modal usaha

Setiap usaha tentunya membutuhkan modal, tidak terkecuali ketika ingin membuka usaha katering akikah ini. Untuk memulai usaha akikah ini sendiri pun modalnya cukup besar. Sebab ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan selesaikan. Mulai dari membeli kambing, membeli bumbu, sayur dan masih banyak lainnya.

  1. Menyiapkan lokasi usaha atau kantor

Adanya kantor catering aqiqah memberikan dukungan akan kelangsungan usaha anda nantinya. Karena dengan adanya kantor ini maka menunjukkan keseriusan dalam usaha. Orang akan percaya jika usaha anda benar-benar ada wujudnya, yakni berupa kantor. Kantor juga bisa dimanfaatkan sebagai wadah promosi supaya dikenal lebih banyak orang. Oleh sebab itulah, pastikan memilih lokasi kantor yang strategis dan tepat.

  1. Menjalin kerja sama dengan beberapa pihak terkait

Untuk hal ini bisa dari segi persediaan kambing. Akan lebih baik jika anda memiliki partner ternak kambing yang benar-benar berpengalaman. Karena pastinya mereka memiliki kambing-kambing yang sehat dan sudah berumur. Selain itu, jenis kambing yang disediakan oleh peternak biasanya beragam. Jadi anda bisa memilih sendiri yang sesuai kebutuhan.

  1. Merekrut karyawan

Juga harus diketahui dengan baik bahwa usaha catering aqiqah ini bukanlah usaha yang kecil. Sehingga membutuhkan effort lebih dalam menjalankannya. Untuk itulah, usahakan untuk merekrut karyawan yang terbaik. Sehingga bisa membantu pekerjaan lebih cepat dan lebih terencana.

  1. Menyiapkan strategi promosi

Mengenalkan usaha pada orang lain sangat penting. Hal ini dilakukan untuk mencari pelanggan dan memperluas target pasar. Anda bisa mempromosikan usaha ini lewat media social atau memasang banner dan menyebar brosur. Gunakan media yang ada sebaik mungkin untuk membuat usaha anda semakin dikenal banyak orang.

Memilih Catering Aqiqah Terbaik

Nah itulah beberapa tips membuka usaha catering aqiqah yang sukses. Dengan beberapa tips diatas, maka anda sudah bisa membuat perencanaan yang matang tentunya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *