TIPS AMPUH MEMBEDAKAN BUAH MELON MATANG DAN MENTAH

TIPS AMPUH MEMBEDAKAN BUAH MELON MATANG DAN MENTAH

Buah melon merupakan jenis buah yang cukup populer di indonesia. Buah melon masih tergolong sekeluarga dengan buah semangka. Bentuk buah melon juga hampir sama dengan buah semangka, namun ukuran buah melon lebih kecil jika dibandingkan dengan buah semangka. Buah melon memiliki tekstur kulit yang kasar dan berelief. Buah melon matang banyak diburu orang untuk membuat berbagai jenis makanan seperti kue, salad, selai dan lainya dan juga minuman. Buah ini juga banyak diincar karena rasanya yang sangat lezat jika di santap.

Cara Membedakan Melon Matang Dan Mentah

Buah melon merupakan buah yang menjadi favorit banyak orang. Apakah anda juga termasuk penggemar buah yang satu ini? Nah jika ya, apakah anda sudah mengetahui tips-tips membedakan buah melon yang matang dan mentah? Untuk anda yang belum mengetahuinya, anda bisa menyimak informasi dibawah ini:

  • Pilih berdasarkan aromanya

Pertama yang perlu anda lakukan adalah mencium aroma dari buah tersebut. Buah melon matang mempunyai aroma yang manis dan agak menyengat. Nah jika anda menemui buah melon yang tidak mengeluarkan aroma apa-apa bisa menjadi tanda bahwa buah melon tersebut belum cukup matang atau masih mentah. Dan tentunya jika di konsumsi buah tersebut belum terasa nikmat.

  • Pilih berdasarkan berat

Anda juga bisa memilih buah melon yang matang berdasarkan berat dari buah tersebut. Caranya pilihlah buah melon yang berukuran sama besar, kemudian  bandingkan berat kedua buah melon tersebut dengan cara menjinjingnya. Setelah itu pilihlah buah melon yang beratnya lebih besar. Buah melon yang matang mempunyai kandungan air yang lebih banyak dan hal itu akan membuat masaa dari buah tersebut menjadi lebih berat. Buah melon yang sudah matang juga memiliki bentuk yang jika diperhatikan sedikit lonjong.

  • Pilih berdasarkan warna buah

Kemudian anda bisa membedakan buah melon yang matang dan yang mentah berdasarkan warna dari buah tersebut. Buah melon yang matang memiliki  warna yang agak kusam dan kekuningan. Buah melon yang mempunyai warna cukup terang  dan terlalu hijau bisa menandakan bahwa buah tersebut belum cukup matang dan belum layak jika dikonsumsi.

  • Mengetok buah melon

Cara selanjutnya adalah dengan meng ketok-ketok buah melon tersebut dan dekatkan ke telinga anda. Buah melon yang sudah matang bunyinya akan  terdengar agak bergema, karena ruangan di dalam buah tersebut sudah besar dan kosong. Berbeda dengan melon yang masih mentah, bunyi nya tidak akan menggema karena ruangan di dalam buah tersebut masih terisi penuh.

  • Pilih berdasarkan tangkai melon tersebut

Kemudian anda juga bisa membedakan melon yang matang dan yang mentah berdasarkan tangkai melon tersebut. Pilih melon yang di bawah tangkainya terdapat tekstur jaring. Karena tekstur jaring tersebut dapat menjadi tanda bahwa buah melon tersebut sudah cukup matang. Berbeda dengan melon yang  masih mentah, yang umumnya di bagian bawah tangkainya tidak terdapat tekstur jaring.

  • Menggoyang-goyangkan melon

Selain hal di atas anda juga dapat membedakanya dengan cara menggoyangkan. Jika bagian dalam buah melon tersebut terdapat pergerakan maka dapat menjadi tanda bahwa buah tersebut sudah matang. Sedangkan jika bagian dalam buah tersebut tidak bergerak, maka kemungkinan besar buah melon tersebut belum matang. Karena buah melon matang memiliki biji yang mudah sekali rontok.