CARA MENGATASI BAU BADAN 

CARA MENGATASI BAU BADAN

Bau badan merupakan sebuah masalah yang sering dialami oleh setiap orang. Terkadang bau badan yang memburuk akan mengurangi rasa percaya diri seseorang dalam melakukan aktivitas. Bau badan berasal dari kelenjar keringat yang tersumbat karena pori-pori yang mengecil. Pori-pori yang mengecil tersebut akan membuat udara yang seharusnya dikeluarkan oleh tubuh, akan terjebak di dalam lapisan kulit. Hal inilah yang membuat tubuh menjadi lembab dan akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Sebenarnya banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi bau badan. 

Namun sebelum mempelajari cara mengatasi bau badan, sebaiknya kamu mengetahui dahulu penyebabnya. Bau badan tak sedap dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti akibat dari bakteri yang hidup di kulit. Tak hanya itu, gangguan kesehatan dan kebiasaan tertentu juga bisa menjadi penyebab bau badan. Seperti diabetes, hobi makan pedas, hingga orang yang punya masalah keringat berlebih. Titik-titik pada tubuh yang mengeluarkan keringat terlalu banyak atau area lembab tubuh yang menjadi sumber utama bau badan. Biasanya bau badan bisa muncul dari kaki, lipatan paha, ketiak, sekitar area intim dan bagian belakang telinga. 

Bagi anda yang memiliki masalah bau badan dan bingung untuk mengatasinya. Ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah bau badan. Adapun beberapa cara tersebut, sebagai berikut:

  • Rajin mandi dengan cara yang tepat

Kebersihan tubuh sangat berpengaruh terhadap timbulnya bau badan tak sedap. Untuk itu usahakan mandi 2 kali sehari dengan sabun antibakteri untuk menghilangkan kuman penyebab bau badan. Kamu juga harus mandi dengan cara yang tepat, pastikan anda membersihkan tubuh yang banyak mengeluarkan keringat. Setelah mandi pastikan tubuh anda benar-benar sudah kering. 

  • Pastikan pakaian selalu bersih 

Untuk mengatasi bau badan tidak sedap, kamu juga harus memperhatikan pakaian yang kamu gunakan.  Usahakan selalu ganti dan cuci pakaian dengan bersih setelah kamu gunakan. Karena beberapa jenis bahan pakaian dapat memicu keringat berlebih penyebab bau badan. Dan anda juga harus selalu memastikan handuk dalam keadaan bersih. Hal ini untuk menghindari tumbuhnya bakteri dari handuk yang lembab. 

  • Pakailah deodoran 

Deodoran dapat membantu mengurangi dan menghilangkan bau badan di bagian ketiak. Kandungan dalam deodoran dapat membantu mengontrol produksi keringat yang berlebih. Hal inilah yang dapat untuk mencegah datangnya bakteri penyebab bau badan. 

  • Hindari makanan dan minuman pemicu bau badan 

Makanan dan minuman yang kita konsumsi juga dapat menjadi penyebab timbulnya bau badan. Untuk itu hindari makanan yang bisa memicu keringat berlebih penyebab bau badan.  Makanan tersebut seperti lada, makanan pedas dan makanan dengan aroma tajam seperti bawang.  Selain itu minuman berkafein dan alkohol juga dapat memicu produksi keringat yang berlebih. Untuk itu sebaiknya kamu mengurangi konsumsi minuman tersebut untuk mencegah timbulnya bau badan. 

Nah demikianlah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bau badan. Dengan melakukan cara tersebut, maka bau badan kamu akan teratasi. Namun jika beberapa cara tersebut tidak berpengaruh pada bau badan. Ada baiknya jika anda segera melakukan konsultasi ke dokter. Dokter akan meresepkan obat yang lebih ampuh untuk mengatasi bau badan anda. Selain itu ada juga metode medis lainnya yang dilakukan untuk mengontrol produksi minyak yang berlebih. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya bau badan tak sedap pada tubuh. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *